Selasa, 11 Juni 2013

Teknologi Tepat Guna



Rancangan : Alat Penangkap Ikan


Alat & Bahan : 
  Selembar kaca plexy dengan ukuran 60 x 90 x 0,3 cm3
-          1 silikon aquarium atau perekat

-          Meteran kayu

-          2 cermin kecil 2 lensa cembung

-          1 epoxy (jika menggunakan lensa)

-          1 pemotong kaca

-          1 lem plastik

-          1 isolasi pipa dan gunting

-          1 besi yang digunakan sebagai tiang

-          1 besi yang digunakan sebagai pegangan

-          1 jaring ikan



Cara Pembuatan :

   1.      Rancang dan buat ruang panjang dengan empat sisi dan bagian ujung yang berlawanan terbuka. Ukuran sisi dindingnya terserah kamu, ukuran yang bagus mulai dari 70 x 4 cm. Alat tersebut akan beroperasi paling baik jika kamu mencat hitam dinding dalamnya sebelum memasang kaca. 
      2.   Jika menggunakan kaca plexy, potong dinding periskop dan gabungkan dengan lem plastik. Biarkan lem kering.
   3.      Baringkan periskop kamu mendatar di atas meja dan posisikan cermin sejajar satu dengan lainnya, pada bagian yang terbuka, dengan permukaan pantulan saling berhadapan. Atur cermin sehingga ketika kamu melihat ke dalam satu bagian yang terbuka (lobang mata), kamu bisa melihat objek yang jauh melalui bagian terbuka lainnya (penampakan). Ketika cermin diluruskan ke atas dengan tepat (kalibrasi), lem bagian sampingnya dengan perekat.

   4.      Kamu bisa memperlebar area penglihatan dalam periskop kamu dengan menambahkan lensa cembung yang rendah di samping tiap cermin, posisikan sejajar satu dengan yang lainnya dan ke ujung periskop. Gunakan epoxy dengan membubuhkan pada lensa. Sesuatu akan terlihat lebih kecil daripada sebenarnya, tetapi kamu akan mampu untuk melihat lebih banyak.

   5.      Ketika periskop kamu kering, coba melihat melaluinya. Lihat ke dinding, di bawah meja, seputar sudut, dan di bawah sebuah lubang.

   6.      Tutup bagian yang terbuka dengan sepotong kaca yang lebih besar sedikit, dan lem kaca di tempat tersebut dengan perakat. Biarkan potongan tersebut kering semalaman, dan periksa bila ada yang bocor.



   7.      Rancang pegangan pada besi yang dimanfaatkan sebagai tiang untuk mengarahkan pandangan pada daerah ikan yang akan ditangkap. Buatlah gambar berbentuk tabung dengan disesuaikan dengan ukuran yang memungkinkan tangan untuk menggenggam besi berbentuk tabung tersebut dengan mudah.

   8.      Sisipkan jarring penangkap ikan di dalam lubang besi yang digunakan sebagai tiang.

   9.      Rancang tombol yang apabila kita tekan, jaring penangkap ikan tersebut keluar dan menangkap ikan yang kita lestarikan sebanyak mungkin.
Periksa semua ikan yang tertangkap. Ikan yang masih kecil akan dimasukkan kembali ke dalam kolam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar