Kamis, 15 November 2012

Tafsir Mars Pendidikan Lingkungan Hidup SMA Negeri 8 Pekanbaru

Tuhan ciptakan alam nan indah
Manusia penerima amanah
Wahana karya bernilai ibadah
Ambil manfaat jangan serakah

* Tuhan sudah menciptakan wadah yang sangat indah bagi semua makhluk yang ada di bumi. Wadah itu adalah alam, di mana semua makhluk saling berinteraksi satu sama lain. Tuhan memberi kita amanah untuk menjaga dan melestarikan alam ini dengan baik. Karena alam merupakan suatu ciptaan yang indah, kehidupan di alam pun tentu berisikan sesuatu yang seharusnya memberi nilai ibadah kita. Melestarikan alam merupakan suatu tindakan yang memiliki nilai ibadah. Oleh karena itu, kita harus melestarikan alam sebaik-baiknya, bukan merusak alam ciptaan Tuhan ini.

  Karya agung-Nya teramat luhur
Semua makhluk hidup makmur
Amal berkah tumbuh subur
Jagat raya sujud syukur

* Ciptaan-Nya yang merupakan alam dan seisinya sangatlah indah. Semua makhluk ciptaan-Nya hidup teratur dan damai dengan lingkungan sekitarnya. Begitulah banyaknya ciptaan yang diberi untuk makhluk-Nya, sehingga mereka dapat tumbuh dengan lestari dan subur.

Reff: Buma buha mata buka mata buka hati
Memelihara alam titipan Allah
Buma buha mata buka mata buka hati
Memelihara alam titipan Allah

* Manusia diberi penglihatan dan perasaan, penglihatan untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitarnya dan perasaan untuk merasakan peranan lingkungan sekitarnya agar terjadi keselarasan antara mata dan hati yang dapat memicu kita untuk melakukan hal-hal yang positif bagi lingkungan kita. 

Jagalah mata, jagalah hati
Ayunkan tangan, langkahkan kaki
Memelihara alam titipan ilahi
Cermin insan khalifah fil ardhi

* Ketika kita melihat lingkungan sekitar dan membuka hati untuk melakukan hal positif, bulatkan tekad kita untuk memelihara alam ciptaan Tuhan dengan menggerakkan alat gerak kita, yaitu tangan dan kaki. Semua kita lakukan sebagai contoh pemimpin di bumi ini agar banyak orang yang melakukan tindakan yang sama seperti kita.

Karena ulah tangan manusia
Darat dan laut rusak binasa
Warisan anak cucu tak tersisa
Bencana alam di mana-mana

* Banyak tindakan manusia yang tidak bertanggung jawab yang merusak alam ciptaan Tuhan, contohnya penebangan hutan secara liar, pembuangan sampah sembarangan yang menandakan darat dan laut rusak. Akibatnya kekayaan alam berkurang, bencana alam banyak terjadi di berbagai tempat. Generasi yang akan datanglah yang merasakan akibatnya.

Jiwa siswa SMA Delapan
Dan pendidikan lingkungan hidup
Ecological Youth Environmental Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermin insan khalifah fil ardhi

* Kami sebagai siswa SMA Negeri Delapan Pekanbaru yang memelihara lingkungan hidup dan mengikuti pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup di sekolah yang merupakan wadah penyuluhan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan kita yang merupakan ciptaan Tuhan ini. Kami melakukannya sebagai contoh agar masyarakat banyak dapat memahami pentingnya lingkungan hidup bagi kehidupan masyarakat itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar